Friday, December 16, 2016

Apa itu email dan fungsinya email

Apa yang dimaksud dengan email

E-mail (electronik mail) adalah surat dalam bentuk electronik atau bisa juga di artikan surat dengan format digital yang di kirimkan melalui jaringan internet. Layanan email di kelompokan menjadi dua basis yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Email sendiri merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi dari internet yang paling banyak di gunakan dalam surat menyurat dan sebuah aplikasi yang sangat murah, cepat serta efisien karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Apa itu email dan fungsinya


Fungsi dari email

Fungsi Email adalah sebagai sarana untuk mengirimkan atau menerima surat melalui jalur komputer dan internet. Data yang bisa dilampirkan dalam email tersebut berupa data digital diantaranya yaitu, dokumen, musik, video dan gambar, software, dan data-data digital lainnya. berikut penjelasan fungsi dari email

Jenis-jenis layanan email 
- Pop mail :
Email jenis ini sama dengan email yang anda terima dari internet service provider anda.

- Web based email
Email jenis ini merupakan email yang di tawarkan berbagai situs seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain

            
- Email forwarding

Fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu email ke alamatemail lainnya, dengan kata lain mail server yang melayani forwarding hanya bertindak sebagai perantara.
                                                        

Manfaat email

- Dapat menghubungkan kita ke siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia
  dengan biaya lokal

- Dengan email data di kirim secara elektronik sehingga sampai tujuan sangat cepat

- Dapat mengirim lebih dari satu orang dengan waktu bersamaan

- Memudahkan komunikasi dengan orang di seluruh dunia

- Sebagai media promosi 

- Media informasi

- Untuk membuat blog atau website

Email pertama kali

Konsep  email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman "BBN" milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya" Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer "saat itu normal ketika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian".

Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain" namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.


EmoticonEmoticon