Friday, December 30, 2016

6 Penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya

Kenapa baterai hp cepat habis? Pertanyaan seperti ini sering muncul di tanyakan banyak orang, terus bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengetahui jawabannya, bacalah artikel berikut ini sampai selesai.

6 Penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya


Di era sekarang handphone atau smartphone sudah tidak asing lagi bagi kita, sehari-hari di kehidupan kita tidak lepas dari yang namanya alat elektronik ini. Tak hanya untuk berkomunikasi saja, kadang untuk browsing, googling atau sekedar main game. 

Tetapi kadang kita sampai lupa karena saking asyiknya, kita lupa mengisi daya baterai handphone tiba-tiba habis tanpa kita sadari. Jika itu kita lakukan terus menerus kemungkinan besar baterai tidak akan awet dan cepat rusak.

Oleh karena itu saya akan mengulas sedikit tentang penyebab baterai handphone cepat habis dan bagaimana cara untuk mengatasinya, silahkan di baca dan berikut ini penjelasannya.

Baterai hp yang cepat habis/boros dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu:


- Terlalu banyak mengaktifkan beberapa aplikasi yang terdapat pada hp android      tersebut.

- Atur intensitas cahaya (jangan terlalu cerah), karena dapat menyebabkan             baterai cepat habis.

- Penggunaan charger smartphone dengan baik (dapat mempengaruhi pengisian   baterai pada hp android tersebut). Disarankan menggunakan charger yang           sesuai dengan smartphonenya.

- Penggunaan game yang sering dilakukan dapat menyebabkan baterai hp             android mengalami keborosan.

- Data selular menyala setiap saat

Bagi anda pengguna smartphone, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya paket internet. Dengan paket internet, anda bisa leluasa mengakses berbagai situs atau pun jejaring sosial (sosial media). Karena hal itu, kebanyakan dari pengguna akan terus menerus menyalakan data selular. Nah, dengan menyalah nya data selular secara terus menerus, maka akan meningkatkan daya kerja dari handphone anda, dan akhirnya baterai handphone akan cepat habis.

- Aplikasi masih banyak yang terbuka

Bagi pengguna smartphone, pasti anda paham maksud dari aplikasi masih banyak yang terbuka. Saat anda selesai menggunakan atau membuka aplikasi pada smartphone kemudian anda kembalikan pada menu home, otomatis aplikasi yang baru saja anda buka bisa dilihat di jendela aplikasi. Disana ada aplikasi yang telah anda buka dan masih bekerja di latar belakang. Jika terlalu banyak aplikasi yang terbuka, akan menyebabkan baterai handphone anda cepat terkuras habis.

Cara mengatasi baterai hp agar tidak cepat habis


- Matikan fitur yang tidak terlalu penting atau sering di gunakan.

- Jangan terlalu sering menggunakan vibrasi atau getar.

- Hindari penggunaan wallpaper yang berbentuk flash, karena dapat                         mempercepat pemborosan baterai.                         

- Hindari mengisi daya baterai sambil membuka aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa menggunakan handphone untuk berbagai macam kegiatan saat dalam kondisi mengisi daya dapat menyebabkan baterai cepat habis. Tak hanya cepat habis, dalam jangka panjang bisa menyebabkan baterai bocor dan akhirnya kembung. Untuk itu, sangat dianjurkan menghindari penggunaan handphone saat mengisi daya.

- Isi daya baterai tepat pada waktunya

Banyak orang yang belum mengetahui cara ini. Sebaiknya anda mengisi daya saat handphone anda dalam kondisi benar-benar habis atau untuk smartphone saat ada peringatan ‘baterai lemah.’ Dan lepas charger saat baterai sudah penuh 100%. Jangan dibiasakan meneruskan mengisi daya saat baterai sudah benar-benar penuh. Hal-hal itu dapat menyebabkan baterai cepat habis sebelum bocor dan akhirnya kembung.

- Matikan data selular saat tak digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa menyalakan data selular secara terus-menerus walau handphone tidak sedang digunakan akan menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu, jika handphone atau smartphone anda tidak sedang digunakan, sebaiknya matikan data selular anda untuk menghemat daya dan data.

- Atur intensitas kecerahan cahaya

Disarankan menggunakan intensitas cahaya tidak terlalu terang. karena selain anda dapat menghemat baterai, dengan cahaya tidak terlalu terang, akan membuat mata anda nyaman dan tidak mudah lelah.


EmoticonEmoticon