Sunday, January 15, 2017

5 Ciri Backlink Yang Berkualitas untuk blog

Untuk mengembangkan sebuah blog menjadi terkenal, dibutuhkan jumlah kunjungan pembaca yang besar pada blog tersebut, termasuk backlink yang berkualitas. Salah satu sumber untuk mendapatkan banyak kunjungan yaitu kunjungan organik dari mesin pencari. Terus apa itu backlink, jenis backlink dan manfaatnya?


5 Ciri Backlink Yang Berkualitas


Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar blog Anda bisa masuk pada posisi Search Engine Result Page (SERP) yang baik? Satu di antara sekian banyak faktor penting yang mempengaruhinya adalah backlink yang diperoleh blog tersebut.

Meskipun backlink yang diperoleh sebuah blog sangat berperan dalam peringkat blog tersebut pada SERP, tetapi kenyataannya banyak blogger yang masih belum tahu seperti apa backlink yang berkualitas itu sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus lebih rajin lagi menggali informasi dan berupaya mendapatkan backlink berkualitas untuk mendongkrak PageRank dan peringkat blog pada SERP.


Manfaat backlink untuk blog/website


Backlink bermanfaat untuk meningkatkan posisi blog pada SERP. Semakin banyak backlink berkualitas yang diperoleh maka nilai PageRank blog tersebut akan meningkat. Semakin tinggi nilai PageRank yang diperoleh maka posisi blog pada SERP pun akan semakin baik. Semakin baik posisi blog pada SERP akan membuat potensi kunjungan pembaca pada blog menjadi semakin bertambah banyak. Sehingga, semakin banyak kunjungan pembaca pada sebuah blog akan menjadikan blog tersebut semakin terkenal dari waktu ke waktu.
Baca juga : Tips jitu membangun backlink yang baik


Ciri backlink yang berkualitas


1. Berasal dari blog dofollow

Blog dofollow adalah blog yang memberikan backlink kepada setiap link yang tercantum pada halaman blog tersebut, seperti link pada komentar, link pada blogroll, hingga link pada widget yang digunakan.

2. PageRank tinggi

Jika ada sebuah blog yang menerima backlink dari blog dengan PageRank tinggi maka bisa dipastikan jika backlink yang diterima tersebut adalah sebuah backlink yang berkualitas. Kebanyakan blog berPageRank tinggi bersifat dofollow karena mereka ingin memanfaatkan PageRank tersebut untuk menjaring banyak komentar dari pembaca. Dengan demikian, untuk mendapatkan backlink berkulitas, Anda hanya perlu berburu blog dengan PageRank tinggi dan bersifat dofollow kemudian rajin berkomentar serta meninggalkan link blog pada profil komentar tersebut.

3. Tema relevan

Backlink berkualitas yang diterima oleh sebuah blog juga harus berasal blog lain dengan topik pembahasan yang sama. Dengan relevansi topik yang sama akan membuat robot mesin pencari semakin mudah dalam mengelompokan blog penerima backlink sebagai blog rujukan terpercaya sehingga dapat meningkatkan posisinya pada SERP.

4. Anchor text benar

Sebuah backlink yang diterima oleh sebuah blog harus berasal dari susunan anchor text dan URL blog yang benar. Misalkan blog A ingin memberikan backlink pada blog yang beralamatkan di panduan-belajar-blog.blogspot.com. Untuk itu, backlink yang diberikan harus menggunakan anchor text sesuai dengan URL blog tersebut yaitu Panduan Belajar Blog, bukan Ide blog, Cara blog, Tutorial blogging, Belajar blog, Ilmu blog, dan lainnya yang tidak sesuai.

5. Penempatan backlink yang benar

Kualitas backlink yang diterima sebuah blog juga ditentukan oleh letak penempatan backlink pada blog pemberi backlink. Hal ini karena penempatan backlink pada posisi yang benar akan memudahkan robot mesin pencari dalam menelusuri dan mengindeks URL blog yang dicantumkan. Idealnya, backlink yang baik ditempatkan pada halaman depan blog dan berada pada bagian sidebar.

Baca juga : cara mendapatkan ranking pertama di google

Backlink yang berkualitas perlu dimiliki oleh sebuah blog jika ingin memiliki posisi SERP yang baik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa rajin berkomentar pada blog dofollow hingga meminta para pembaca setia untuk memberikan backlink pada blog Anda dari blog mereka. Apakah selama ini Anda sudah mendapatkan backlink berkualitas yang cukup berdasarkan kriteria di atas?


EmoticonEmoticon