Monday, January 30, 2017

5 Tips Daftar Google Adsense Agar langsung di Approve

Pernahkah anda daftar google adsense tapi di tolak terus? Pasti blog kita bermasalah bila selalu di tolak, alasan di tolak google adsense beragam ada yang tidak sesuai kebijakan google adsense dan pedoman mutu webmaster. Banyak para blogger pemula menyerah gara-gara di tolak google adsense.

 Daftar Google Adsense


Google adsense merupakan salah satu alasan yang menyebabkan banyak orang terjun ke dunia blogging. Jika dibayangkan, memang enak. Kerja cuma bikin artikel dan bisa dilakukan di kamar, pasang iklan adsense, dan uang akan mengalir secara otomatis.

Namun bikin akun adsense tidak semudah membuat blog atau membuat akun facebook. Banyak blogger yang tumbang saat mengajukan situsnya ke google adsense. Mengapa bisa begitu ? Banyak alasannya. Tapi banyak pula yang bingung karena merasa blog atau situsnya sudah bagus dan baik. Untuk itu, sebelum anda mendaftarkan situs anda ke adsense, bacalah beberapa tips berikut ;

1. Pastikan konten atau artikel blog memadai

Istilah yang dikenal dalam dunia blogging adalah "Content Is a King". Baik buruknya kualitas konten, akan berimbas pada kualitas blog atau situs anda. Google Adsense juga sangat memperhatikan kualitas konten.

Hasilnya banyak blogger yang gagal mengikuti Adsense dengan alasan "konten tidak memadai". Definisi konten tidak memadai itu sangat luas. Hal ini lah yang membuat para blogger pusing tujuh keliling untuk menentukan seperti apa konten yang memadai bagi google adsense.

2. Pastikan Navigasi Jelas dan lengkap

Navigasi merupakan link aktif, atau tombol yang digunakan untuk menjelajahi semua sudut situs atau blog kita. Google adsense mewajibkan semua publisher memiliki blog yang mudah dijelajahi dan memiliki navigasi yang jelas. Beberapa hal yang mempengaruhi navigasi antara lain ;

a. Laman wajib
Laman yang wajib ada pada blog adalah privasi, terms of service, disclaimer, kontak, sitemap, about. Ke enam laman tersebut harus anda buat terlebih dahulu sebelum mengajukan permohonan google adsense.

Untuk membuat laman, silahkan login ke akun blogger, klik menu laman - buat laman baru - tulis judul laman dan isi laman. Untuk isi laman, anda bisa mencari referensi di google. Ada banyak blog yang memberi contoh laman baik bahasa Indonesia maupun Inggris.

b. Buat menu navigasi di bawah header
Setelah laman berhasil dibuat, saatnya meletakan link laman tersebut di area yang mudah dilihat oleh pembaca. Area paling strategis adalah di bagian navigation bar di bawah header.

c. Widget wajib
Widget wajib pada blog ini bertujuan untuk mempermudah akses pembaca untuk menjelajahi semua lini situs atau blog kita. Widget ini adalah popular post, recent post, label, dan arsip.

Untuk memasang widget ini, sama seperti memasang widget lain melalui tata letak. Tempatkan widget tersebut di bagian side bar. Sementara untuk recent post, nampaknya blogger tidak tersedia sehingga anda harus mencari widget ini. Di luar sana juga banyak blog yang membagikan kode widget recent post menarik.

3. Perhatikan umur blog

Jika kita membaca kebijakan adsense, disitu tertulis untuk mengikuti program adsense minimal umur blog adalah 6 bulan namun ketetapan itu berlaku bagi beberapa negara saja. Indonesia nampaknya tidak termasuk karena banyak blog dengan umur kurang dari 6 bulan bisa di terima adsense.

Tapi saran saya, jangan terburu-buru untuk daftar google adsense. Pikirkan untuk meningkatkan kualitas blog anda itu jauh lebih penting. Adsense hanyalah sarana untuk menghasilkan uang dari blog. Tapi faktor utama yang menghasilkan uang adalah traffic.

Banyak pula blogger yang membutuhkan waktu berbulan bulan untuk payout karena saat diterima adsense, traffic blog belum mencukupi. Jadi pikirkan untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Jika blog sudah berkualitas, sulit bagi adsense untuk mengirimkan email penolakan.
Baca juga : Syarat agar di terima google adsense

4. Perhatikan jumlah artikel

Sama seperti umur blog, jumlah artikel minimal dalam blog juga tidak dijelaskan secara rinci oleh tim google adsense. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada patokan mengenai berapa artikel minimal yang harus di publish dalam blog.

Jumlah artikel bukan patokan kualitas blog. Blog yang memiliki jumlah konten sedikit namun rinci lebih baik bila dibandingkan blog yang memiliki banyak artilel tapi konten abal-abal. Ada blogger yang memiliki artikel sampai ratusan tapi tetap saja mendapatkan penolakan adsense.

Sebaliknya ada pula blogger yang baru memiliki artikel kurang dari 20 biji, tapi satu kali daftar adsense, langsung di terima. Banyak yang bilang faktor keberuntungan. Tapi pendaftaran google adsense saat ini sangat ketat. Harus melalui dua tahap review oleh robot dan tim ahli.

Jadi kemungkinan keberuntungan sangat kecil. Namun jika kita bicara kualitas nampaknya cukup masuk akal. Saran saya buat konten original yang memuat semua tips diatas sebanyak 20 biji sebelum mengirimkan permohonan adsense.
Baca juga : Propeller ads pilihan alternatif selain adsense

5. Perhatikan Template Blog

Di beberapa forum google adsense juga sering meributkan masalah template untuk mendaftar google adsense. Memang bisa saja template membuat permohonan adsense ditolak. Salah satu penyebabnya adalah faktor kerumitan template.

Google menyukai hal yang simple. Lihat saja pada google.com, anda hanya melihat logo google dan search box dengan background putih. Hal itu kemungkinan berlaku untuk proses penerimaan adsense.

Penyebab lain mungkin saja, ada tag didalam template yang menghalangi robot untuk membaca secara keseluruhan isi konten blog, sehingga menurut mereka blog kita tak ada isinya.

Template terbaik untuk mendaftar adsense adalah template default blogger. Meski desain agak membosankan, banyak blogger yang menggunakan template default blogger saat akan mengajukan permohonan adsense dan hasilnya cukup positif.

Pastikan seminggu sebelum pengajuan, template anda sudah benar-benar rapi dan sudah siap. Seminggu sebelum pengajuan itu, jangan anda sentuh mode edit html pada blog. Hal ini untuk menekankan bahwa situs kita sudah benar-benar diluncurkan dan bukan dalam tahap beta.





EmoticonEmoticon