Thursday, January 5, 2017

Perbedaan Ektensi File Gambar JPEG, PNG dan GIF

Kita sering melihat atau mendownload sebuah gambar ataupun foto, namun jika anda lihat foto atau gambar tersebut pasti mempunyai sebuah file. Nah kali ini saya akan mengulas sedikit tentang perbedaan ektensi gambar JPEG, PNG dan GIF.


File Gambar JPEG, PNG dan GIF

Jika Anda memperhatikan berbagai gambar yang tersimpan di ponsel atau PC, Anda pasti akan melihat masing-masing gambar tersebut memiliki ekstensi seperti JPEG, GIF, atau PNG. Namun apakah Anda tahu apa artinya ekstensi tersebut?

Mirip dengan data digital lain, ekstensi tersebut merupakan sarana untuk mengenali format gambar yang digunakan dan perlu diketahui setiap format gambar memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Untuk itulah, jangan sampai Anda menggunakan format gambar yang salah ketika ingin membuat sebuah produk digital seperti website atau aplikasi.

Baca juga : Ukuran Gambar posting blog yang ideal

Berikut ini adalah perbedaan fungsi dan karakteristik dari format gambar JPEG, GIF dan PNG menurut CGFrog:


1. JPEG (Joint Photographic Experts Group)


JPEG merupakan format yang sering digunakan untuk merepresentasikan gambar dengan sifat yang kompleks. Kemampuan JPEG yang bisa menampilkan gradien gambar dengan baik biasanya juga digunakan sebagai format untuk menampilkan foto dan gambar di sebuah halaman web.

JPEG juga sering digunakan sebagai format untuk file foto yang diambil dari kamera digital, terutama kamera ponsel. Kekurangan JPEG adalah background-nya tidak bisa transparan, sehingga bentuknya akan selalu kotak namun bisa diatur dalam berbagai macam ukuran.


2. GIF (Graphic Interchange Format)


GIF biasanya lebih dikenal sebagai format gambar animasi di kalangan pengguna internet. Tidak seperti JPEG yang memiliki banyak varian warna dan mampu menampilkan gradasi warna dengan sangat baik, GIF hanya dibekali dengan 8 bit warna per pixel. Artinya, satu pixel di gambar dengan format GIF hanya bisa merepresentasikan 256 warna.

Karena warnanya yang minim, GIF sangat cocok untuk dijadikan format gambar yang tidak memerlukan banyak warna. Keunggulan lain dari format gambar GIF adalah ukurannya yang kecil dan telah mendukung animasi.


3. PNG (Portable Network Graphics)


Mirip dengan JPEG, PNG merupakan format gambar yang bisa menampilkan warna kompleks. Hal tersebut membuat PNG juga cocok untuk menampilkan gambar atau foto dengan gradasi beragam di halaman web.

Bedanya, PNG telah mendukung warna transparan sehingga banyak digunakan untuk tampilan logo dan desain sejenisnya. Meski demikian, PNG memiliki kelemahan, yaitu ukurannya tergolong lebih besar ketimbang JPEG, dan tidak bisa digunakan sembarangan di berbagai website karena akan memakan bandwidth untuk mengaksesnya.

Bagaimana? sekarang anda sudah tahu kan perbedaan ektensi gambar file JPEG, PNG dan GIF. Semoga bermanfaat dan jangan upa kunjungi terus blog saya untuk melihat artikel terbaru dari saya, terima kasih.


EmoticonEmoticon